Naik Gunung... Turun Gunung... Kita Dimana Yaaah?

Senin, 22 September 2014


            Eh sebelum mulai cerita gue mau nanya nih. Idul Adha tanggal berapa ya? Gue udah lama gak liat kalender. Dan gue rasanya udah mau rehat dari tugas yang selama ini mengepung gue dan mengacungkan snipper dengan liciknya.
Ngomong-ngomong soal tugas, si tugas baik-baik aja.
Gue kira selepas dari SMA gak bakal ketemu lagi sama pelajaran olahraga. Ternyata olahraga adalah salah satu mata kuliah yang wajib diambil pada semester satu. Dan lagi, pelajaran olahraga lebih detail lagi. Yaitu renang, lari dan senam. Gue cuma berharap gak dapet nilai C aja. Semoga dosen pengampu gue terenyuh hatinya ngeliat gue yang  berusaha keras ngehindar dari nilai C.
Nah hari Rabu kemaren, tanggal 17 September, itu materi olahraganya adalah renang. Karena Undip gak ada kolam renang, maka kita harus ke Jati Asih (kalo gak salah sih, nama kolam renangnya itu). Dengan tiket delapan ribu per orang atau setara dengan satu porsi nasi ayam Bu Um *dasar mental anak kos* kita udah bisa nyemplung kayak bakso ke dalam kolam.
Berhubung ntu tempat renang jauh banget, jadilah gue nebeng sama Riri. Biasa...
Si Riri kecil-kecil ternyata ngebut juga. Mungkin dia adalah reinkarnasi dari Simon Celli (bener gak gue nulis namanya? Dasar Fifa sotoy). Jam enam pagi gue tuh udah harus berangkat. Ngelewatin sarapan pagi, angin pagi (Undip di wilayah pegunungan, kebayang kan dinginnya), dan Riri ngebut bener-bener bikin gue kayak patung es di motornya. Ternyata tempatnya tuh sampe turuuuun jauh ke bawah. Fyi, yang belom tau, Undip tuh di atas gunung.
Gue gak akan cerita soal pengalaman gue ngapung dalem air. Tapi gue akan cerita soal kepulangan gue dari Jati Asih.
*****
Selesai dari berenang, gue dan Riri segera cabut. Dorongan perut yang lapar dan capek ngebuat pikiran gak fokus. Tibalah di perempatan jalan, si Riri belok ke kiri. Gue bingung. Perasaan seharusnya ke kanan.
“Ri, jalannya bener?”
“byzxkalsk@#$%^&*,” si Riri yang pake masker ditambah dengan deruan angin ngebuat suara Riri kayak kumur-kumur.
Gue diem. Terserah deh. Toh kalo nyasar juga bareng-bareng, pikiran gue udah capek.
Ternyata apa kata orang kalo ngomong gak boleh sembarangan karena ucapan itu adalah doa bener-bener terbukti.
Udah jauh berjalan tapi gue gak ketemu juga sama patung kuda yang jadi maskot Undip. Si Riri tetep aja bernafsu nyetir. Gue udah mikir yang nggak-nggak.
“Ri, kamu beneran tau jalannya?” gue akhirnya nanya.
“Iya,” sahut Riri kalem.
“Tapi kok hawanya makin panas, Ri? Perasaan aku kita ke Semarang bawah deh. Tuh liat jalannya nurun.”
“Eh iya ya,” Riri baru mikir.
Gue kayaknya kelupaan satu hal. Tapi apa ya?
“Eh ini belok kiri apa lurus?” tanya Riri.
“Kayaknya belok deh,” kata gue sotoy.
Bodohnya Riri yang ngikutin saran gue. Setelah makin lama makin asing sama suasananya. Riri menepi.
“Eh kayaknya kita salah, deh. Kita muter aja kali, yah?”
“Iya ya. Kita tanya aja yuk sama orang.”
“Nggak ah, malu. Ketahuan banget kita nyasarnya.”
Dasar gengsian. Kata pepatah, malu bertanya sesat di jalan emang bener. Dua orang abis berenang nyasar di tengah kota Semarang.
“Ri, kok makin jauh sih?” gue mulai khawatir.
Gue baru inget hal penting.
Gue orang Palembang.
Riri orang Cilacap.
KITA SAMA-SAMA GAK TAU ARAH!!!!
Setelah pantat gue kram karena kelamaan duduk di atas jok motor, akhirnya Riri nyerah. Dia bertanya sama mas-mas seragam biru yang lagi jajan.
“Mas, Undip ke arah mana ya?”
“Oh itu nanti lurus aja mbak. Nanti ada tol, deket Jatingaleh. Masuk aja ke tolnya.”
“Jatingaleh itu dimana ya mas? Maksudnya tandanya gitu kalo udah nyampe disana?” Riri bertanya seolah menegaskan bahwa kami, dua orang yang buta arah.
“Yaa... nanti ada bacaannya kok.”
“Oooh makasih ya, mas.”
Riri muter balik motornya. Lalu, masih dengan perasaan khawatir bakal nyasar lagi, Riri terus melajukan motornya. Tentu saja dengan instruksi dari gue. Karena motor gak boleh masuk tol, jadi kami harus melewati jalan yang lebih jauh.
Perjalanan iniii terasa sangat menyedihkaaan... *lagu Ebiet G Ade mengalun di kejauhan*
*****
Akhirnya, setelah lewati gunung turuni lembah dan susuri sungai, akhirnya kita berhasil pulaaang!
Dan bisa ditebak, para penghuni wisma ngetawain kita berdua.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Powered by blogger
Winter Christmas design by freebingo bloggerized by Biyan Networks Brought to you by Dzignine.com