Baru Keluar Dari Gua -.- Annyeong!

Selasa, 27 Oktober 2015


Annyeong!
Nggak kok, nggak. Blog ini masih ada empunya. Jadi jangan left dulu, nyaw! Xoxo. Iya, gue tau kok kenapa kalian rada ngeri dengan sapaan di awal. Padahal blog ini kayaknya udah lama banget yak nggak diisi, terus tiba-tiba ada yang nyapa -_- Ho’o, gue sibuk. Sibuk kepanitiaan, sibuk tugas, kuis-kuis, dan agenda lain.
Sok sibuk lo!” *digeplak duit sama readers*
Yaelah, gue jujur. Kalo mau gue kasih timeline kegiatan gue, gue kasih nih catetannya. Sering banget gue ngecek blog gue. Alhamdulilaaah “belum” colaps. Dan gue memutuskan untuk ngepost. Tau kenapa? Gue disuruh bikin weblog edukasi gitu sama dosen. Gue lagi bingung isinya mau diisi apaan ya? Rencananya sih mau diisi tentang seputar otak manusia gitu. Abisnya, dosennya mau isinya tuh satu topik pembelajaran. Karena bingung, gue beralih dulu ke blog yang telah mengharumkan nama gue di dunia (pergaiban).
Mau tau alamatnya? Tapi masih kosongan gitu, sih. Gue cuma ngonsep aja isinya mau kayak gimana. Rencananya, hari minggu nanti gue mau di kampus seharian. Wifian.
Ngapain gue mau liat isi blog elo?
Blog gaje kayak gini aja masih elo baca. Mumpung gue menuangkan kewarasan gue di sana, nih. Lumayan nambah-nambah ilmu. Tentang otak lagi. Siapa tau bisa memperbaiki otak gituh.
*Dilempar chitato sama readers*
Ehm, jadi gini. Tujuan gue ngepost selain menjaga blog ini tetap hidup adalah, gue mau cerita soal observasi gue kemarin. Gue gara-gara observasi di matkul Psikopend, gue ngebolos di matkul Obsint yang delapan SKS!!!!!!!!! Terkutuklah kalo sampe gue dapet nilai B di matkul itu! Demi matkul Psikopend nih!
Eh, jadi curhat...
Hari pertama observasi, hari Rabu tanggal 21 oct, gue bingung mau ngambil tema apaan. Teman satu kelompok gue udah nentuin tema. Si Nopik observasi sistemnya. Kak Fany observasi salah satu siswanya. Gue? Observasi gurunya. Nah gue udah observasi satu guru itu, nih. Udah seharian gue mantau sang guru. Berasa paparazzi. Ternyataaaa... what the hell.. itu guru ya guru PPL!! Dan gurunya selesai bertugas hari sabtuuu minggu ini, guizee!
Astaganagagorengisicoklatkacangmete...
Sebenernya sih mau gue lanjut aja. Tapi pas observasi hari kedua, guru target gue pada gak keliatan! Gue frustasi. Akhirnya gue langsung ganti subjek. Gue ganti ke seorang anak yang “menarik” buat di observasi.
Dari hasil observasi aja, udah keliatan tuh anak emang beda dibanding yang lain. Di kelas dia didampingin pengasuhnya. Terus, dia nggak lepas sepatu pas di kelas. Keliatan banget kalo dia suka semaunya. Pas gue korek-korek informasi dari gurunya (yaaah, gue emang punya bakat alami ngepoin orang), ternyata emang tuh anak bermasalah dari keluarganya juga. Yups, dia punya kedua orangtua yang sibuk kerja. Cuma ketemu saat weekend. Ketika weekend itu mungkin orangtuanya ingin menebus kesalahannya dengan memanjakan anaknya. Jadi, apapun kemauan anak itu, tetap dipandang baik oleh orangtuanya.
Gue jadi merenung.
Emang orangtuanya sibuk banget ya, sampe-sampe anaknya kayak gitu. Gue nggak bermaksud nyalahin siapapun, sih. Hanya aja cukup buat gue terperangah. Ternyata nggak hanya  di sinetron-sinetron murahan gitu. Ini beneran nyata. Di hadapan gue. Menuntut gue menyelesaikan observasi ke yang bersangkutan.
Gue inget bapake di rumah. Seharian nyari duit. Pergi ketika matahari terbit, pulang ketika bulan terbit. Tapi alhamdulilah, anak-anaknya nggak ada yang seenaknya. Emak gue juga sama. Ya walaupun jarang sih kayak gitu. Emak gue Ibu Rumah Tangga sekaligus aktivis soalnya. Anak-anaknya nggak ada yang seenaknya kayak gitu. Apalagi gue. Gue anaknya yang paling kalem.
*ciaaaaaat!* *heaaaaaaah!*
Oke, balik ke jalan yang lurus kembali.
Kenapa, ya? Gue nginget-nginget apa yang mereka lakuin ke trenggiling-trenggiling kecil (p.s: adek-adek gue) di rumah.
Mereka menanamkan norma agama sejak dini.
Simpel, but the effect are so amazing. Trenggiling jantan a.k.a adek cowok gue yang meski punya bau badan yang mampu membunuh hiu dalam radius lima kilometer, dia punya segudang prestasi yang membanggakan. Trenggiling labil a.k.a adek cewek gue yang akan beranjak pubertas yang meski suka genit di depan cermin, punya prestasi yang membanggakan juga. Ingatannya kuat banget. Nah, si trenggiling kecil a.k.a si bungsu meski masih batita, ingatannya juga kuat banget. Dia tahu langkah mana yang diambil dan dilarang.
Bukan maksud gue ngebandingin pola asuh antar orangtua. Yah, setiap anak berbeda pola asuhnya. Hanya saja gue ngerasa ada yang salah dengan pola asuh si subjek. Apa yah? Ntar, gue buka teorinya Erikson dulu. Atau lo sercing sendiri aja. Gue belum mulai nyari tinjauan pustaka -__-
Intinya, meski sedikit nyesel udah bolos matkul segede delapan SKS (uughh...), gue dapet ilmu baru, pengalaman baru, dan semoga nilai gue juga “baru”. Nilai A maksudnya...
Sebagai penutup, gue akan share quotes dari bukunya Pipit Senja di novel kolaborasinya dengan anaknya yang berjudul Mom & Me:
Yang paling terpenting adalah membentenginya dengan keimanan, sehingga dia tahu mana langkah yang harus diambil dan dilarang.
Post gue kali ini waras, choy! :D

p.s: blog psikoedukasi gue . buruaaan baca sebelum gue hapus:p

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Powered by blogger
Winter Christmas design by freebingo bloggerized by Biyan Networks Brought to you by Dzignine.com